Tau kah anda arti dari "USER AGREEMENT atau LICENSE AGREEMENT"



Yappp...jika agan menginstal sebuah aplikasi atau sowftware, sebelum proses instalasi, agan pasti melalui step dengan dialog box seperti pada gambar di atas. apa itu? dialog box tersebut disebut dengan USER AGREEMENT atau LICENSE AGREEMENT.

lalu, apa itu USER AGREEMENT?

USER AGREEMENT atau LICENSE AGREEMENT atau dikenal juga dengan EULA
(End User License Agreement) adalah perjanjian antara pembuat aplikasi dengan pengguna aplikasi tersebut (user). EULA sering juga disebut software license, yang menyatakan bahwa pengguna boleh menggunakan perangkat lunak ini dengan syarat ia harus disetujui untuk tidak melanggar semua larangan yang tercantum dalam EULA tersebut. Persetujuan ini bisa dinyatakan dengan memilih “I Accept” pada awal proses instalasi aplikasi.


Biasanya, sebuah EULA disajikan satu paket dengan aplikasi yang dibeli atau digunakan oleh user. isinya adalah perjanjian dan petunjuk bagaimana mereka dapat menggunakan perangkat lunak dan aturan hukum yang diberlakukan oleh si pembuat aplikasi.

selain terdapat apda apliaksi installer, EULA juga biasanya terdapat pada aplikasi berbasis web. sebagai contoh, EULA ini biasanya agan temukan jika harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu untuk dapat melakukan transaksi data dalam aplikasi tersebut.

Tujuan EULA yang paling mendasar, adalah mencegah pengguna dalam menyalahgunakan aplikasi sedemikian rupa, dan dengan aturan yang telah ditentukan dalam EULA, maka user "nakal" berada dalam masalah. akan tetapi, kebanyakan user tidak peduli dengan EULA yang diterapkan dikarenakan hampih semua pengguna hanya ingin menggunakan aplikasi secara praktis tanpa "basa-basi". padahal, dengan meng-klik "I ACCEPT" atau "I AGREE" tanpa membaca EULA terlebih dahulu, jika terjadi sesuatu tehadap apliaksi yang digunakan, user harus siap2 menanggung semua akbiatnya.









sumber : kaskus.us/showthread.php?t=7742986

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...