Belanja Bikin Panjang Umur


Yang mengejutkan lagi, manfaat ini lebih ampuh untuk pria dibanding wanita.
VIVAnews – Ingin umur panjang? Rahasianya ternyata gampang, cukup dengan sering berbelanja ke luar rumah. Yang mengejutkan lagi manfaat kesehatan dari kegiatan belanja lebih ampuh untuk para pria, daripada wanita.

Ada beberapa alasan mengapa aktivitas belanja akan membuat orang awet muda. Antara lain karena dengan rutin belanja setiap hari, hidup akan menjadi mandiri daripada mereka yang jarang berbelanja, seperti dikutip dari Daily Mail.

Alasan berikutnya ialah berbelanja berarti bertemu banyak orang atau bertemu teman. Dengan demikian, akan mencegah  kesepian dan meningkatkan kesehatan psikologis. Selain itu, dengan sering berbelanja ke luar rumah, maka tubuh akan bergerak, efeknya sama seperti olahraga. Makanya, manfaat belanja lebih baik dari gym.

"Orang tua yang jarang melakukan aktivitas belanja akan berisiko memiliki kualitas diet buruk. Sebuah lingkaran setan jika kegiatan belanja belanja terbatas dan pola makan yang buruk bisa berevolusi buruk untuk orang tua," kata pemimpin penelitan, Dr Yu-Hung Chang di Lembaga Penelitian Kesehatan Nasional, Zhunan, Taiwan.

Dr Yu-Hung Chang menambahkan, "Di tempat belanja, banyak aktivitas positif yang bisa dilakukan, yaitu mulai dari bersosialisasi dengan banyak orang, atau menonton aktivitas orang lain dapat memberikan manfaat sosial dan mental.”
"Dibandingkan dengan jenis aktivitas fisik waktu senggang, seperti olahraga resmi, yang biasanya membutuhkan instruksi motivasi dan terkadang instruksi orang-orang profesional, belanja lebih mudah dilakukan secara rutin daripada olahraga.”

Penelitian ini melibatkan 1.850 orang yang berusia 65 tahun. Pria yang sering berbelanja memiliki catatan hidup lebih baik, dengan penurunan 28 persen pada peluang kematian. Sedangkan wanita merasakan manfaat ini lebih sedikit, hanya 23 persen menurunkan peluang kematian.

Temuan ini berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan secara online dalam Journal of Epidemiologi and Community Health. (pet)






sumber : vivanews.com/news/read/213664-sering-belanja--umur-lebih-panjang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...