Tugas Pokok dan Fungsi Perpustakaan Sekolah

  TUGAS BERSTRUKTUR                                                         DOSEN PENGASUH
Manajemen Perpustakaan Sekolah                                       LailaRahmawati,S.Ag.M.Hum


TUGAS POKOK DAN FUNGSI PERPUSTAKAAN SEKOLAH


KELOMPOK II
MUHAMMAD RIZA PRATAMA (0906231064)
SAPRIANOOR (0906231078)







INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI ANTASARI
FAKULTAS TARBIYAH
JURUSAN D3 IPII
BANJARMASIN
2011




KATA PENGANTAR



Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam, karena berkat rahmat dan karunia-Nya penulis dapat menyelesaikan penulisan makalah ini. Shalawat dan salam tidak lupa kita sampaikan kepada junjungan kita nabi Muhammad saw beserta keluarga, sahabat, dan pengikut beliau hingga akhir zaman.

Penulis menyadari dalam penulisan makalah ini masih terdapat banyak kekurangan dan ketidak sempurnaan, baik dari segi penulisan dan penyampaian maupun isi. Untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari berbagai pihak demi sempurnanya makalah ini.

Dan penulis tidak lupa mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang terlibat dan membantu dalam pembuatan makalah ini, yang manfaatnya sangat dapat dirasakan penulis.

Akhirnya, penulisan mengharapkan semoga makalah ini bermanfaat bagi pembaca dan semua pihak yang bersangkutan atau kepentingan. Amien.






Banjarmasin,  Maret 2011




                                                                                          Penulis
















DAFTAR ISI




KATA PENGANTAR ……………………………………………………………….        i

DAFTAR ISI………………………………………………………………………….        ii

BAB I PENDAHULUAN…………………………………………………………….        1

A.    Latar Belakang……………………………………………………………..        1

B.     Perumusan masalah………………………………………………………..         1

C.     Tujuan……………………………………………………………………..         1

BAB II PEMBAHASAN……………………………………………………………..        2

A.    Tujuan Perpustakaan Sekolah…………………………………………………         2

B.     Fungsi Perpustakaan Sekolah…………………………………………………         3

C.     Aspek-aspek Pembinaan Perpustakaan Sekolah………………………        4

BAB III PENUTUP…………………………………………………………………..         6

            Kesimpulan……………………………………………………………………         6

DAFTAR PUSTAKA………………………………………………………………...         7


BAB I
PENDAHULUAN



A.    LATAR BELAKANG

Perpustakaan sekolah merupakan perpustakaan yang diselenggarakan pada sebuah sekolah, dikelola, sepenuhnya oleh sekolah yang bersangkutan, dengan tujuan utama mendukung terlaksananya dan tercapainya tujuan sekolah dan tujuan pendidikan pada umumnya. Sekolah merupakan tempat penyelenggaraan proses belajar mengajar,
 menanamkan dan, mengembangkan berbagai nilai, ilmu pengetahuan, dan teknologi, keterampilan, seni, serta, wawasan dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional. Oleh karena itu, perpustakaan sekolah bukan hanya sekedar tempat penyimpanan bahan pustaka (buku. dan non buku), tetapi terdapat upaya untuk mendayagunakan agar koleksi-koleksi yang ada dimanfaatkan oleh pemakainya secara maksimal.
Hal ini dipertegas dalam SK Mendiknas No. 053/U/2001 tanggal 19 April 2001 tentang Penyusunan Pedoman Standar Pelayanan Minimal Penyelenggaraan Persekolahan pada Tingkat TK, Dasar sampai dengan SMU/SMK, bahwa keberadaan perpustakaan.
Sekolah merupakan syarat dalam standar pelayanan minimal (SPM) tersebut. Sehubungan hal itu agar bahan pustaka, dapat didayagunakan secara maksimal sesuai dengan tujuan dan fungsi perpustakaan sekolah, maka tentunya diperlukan suatu manajemen perpustakaan sekolah yang memadai.


B.   PERUMUSAN MASALAH
Kami disini sebagai penyusun, merumuskan masalah yang akan dibahas dalam makalah ini, yaitu :
1.    Tujuan Perpustakaan Sekolah
2.    Fungsi Perpustakaan Sekolah
3.    Aspek - aspek Pembinaan Perpustakaan Sekolah
4.    Cara - cara agar perpustakaan sekolah benar-benar dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.
5.    Bagaimana deskripsi peran perpustakaan terhadap pelaksanaan program pendidikan di sekolah ?


C.   TUJUAN PENULISAN
Tujuan kami menyusun makalah ini adalah selain sebagai acuan materi dalam mata kuliah Manajemen Perpustakaan Sekolah, kami juga berusaha memberikan informasi pada para pembaca tentang Manajemen Perpustakaan Sekolah.

BAB II
PEMBAHASAN



A.           Tujuan Perpustakaan Sekolah

Tujuan utama penyelenggaraan perpustakaan sekolah adalah meningkatkan mutu pendidikan bersama-sama dengan unsur-unsur sekolah lainnya.
Sedangkan tujuan lainnya adalah menunjang, mendukung dan melengkapi semua kegiatan baik kurikuler, ko-kurikuler dan ekstra kurikuler, di samping dimaksudkan pula dapat membantu menumbuhkan minat dan mengembangkan bakat murid serta memantapkan strategi belajar mengajar.
Namun secara operasional tujuan perpustakaan sekolah bila dikaitkan dengan pelaksanaan program di sekolah, diantaranya adalah :

1.    Memupuk rasa cinta, kesadaran, dan kebiasaan membaca.
2.    Membimbing dan mengarahkan teknik memahami isi bacaan.
3.    Memperluas pengetahuan para siswa.
4.    Membantu mengembangkan kecakapan berbahasa dan daya pikir para siswa dengan menyediakan bahan bacaan yang bermutu.
5.    Membimbing para siswa agar dapat menggunakan dan memelihara bahan pustaka dengan baik.
6.    Memberikan dasar-dasar ke arah studi mandiri.
7.    Memberikan kesempatan kepada para siswa untuk belajar bagaimana cara menggunakan perpustakaan dengan baik, efektif dan efisien, terutama dalam menggunakan bahan-bahan referensi.
8.    Menyediakan bahan-bahan pustaka yang menunjang pelaksaanan program kurikulum di sekolah baik yang bersifat kurikuler, kokurikuler, maupun ekstra kurikuler.

Gambar perpustakaan sekolah dasar :

B.           FUNGSI PERPUSTAKAAN SEKOLAH
Berdasarkan tujuan perpustakaan sekolah, maka dapat dirumuskan beberapa fungsi perpustakaan, sebagai berikut :

1)    Fungsi Edukatif :
Yang dimaksud dengan fungsi edukatif adalah perpustkaan menyediakan bahan pustaka yang sesuai dengan kurikulum yang mampu membangkitkan minat baca para siswa, mengembangkan daya ekspresi, mengembangkan kecakapan berbahasa, mengembangkan gaya pikir yang rasional dan kritis serta mampu membimbing dan membina para siswa dalam hal cara menggunakan dan memelihara bahanpustaka dengan baik.

2)    Fungsi Informatif :
Yang dimaksud dengan fungsi informative adalah perpustakaan menyediakan bahan pustaka yang memuat informasi tentang berbagai cabang ilmu pengetahuan yang bermutu dan uptodate yang disusun secara teratur dan sistematis, sehingga dapat memudahkan para petugas dan pemakai dalam mencari informasi yang diperlukannya.

3)    Fungsi Administratif :
Yang dimaksudkan dengan fungsi administratif ialah perpustakaan harus mengerjakan pencatatan, penyelesaian dan pemrosesan bahan-bahan pustaka serta menyelenggarakan sirkulasi yang praktis, efektif, dan efisien.

4)     Fungsi Rekreatif :
Yang dimaksudkan dengan fungsi rekreatif ialah perpustakaan disamping menyediakan buku-buku pengetahuan juga perlu menyediakan buku-buku yang bersifat rekreatif (hiburan) dan bermutu, sehingga dapat digunakan para pembaca untuk mengisi waktu senggang, baik oleh siswa maupun oleh guru.

5)    Fungsi Penelitian :
Yang dimaksudkan dengan fungsi penelitian ialah perpustakaan menyediakan bacaan yang dapat dijadikan sebagai sumber / obyek penelitian sederhana dalam berbagai bidang studi.

Gambar perpustakaan sekolah menengah pertama
C.           ASPEK - ASPEK PEMBINAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH

1.    Aspek Status, Organisasi dan Manajemen

Sampai saar ini status beberapa jenis perpustakaan, seperti perpustakaan khusus, perpustakaan sekolah, perpustakaan perguruan tinggi dan lain-lain, belum jelas, khususnya tentang eselonisasinya. Hal ini mengakibatkan tidak jelas pula aspek-aspek lainnya, misalnya berapa luas gedung / ruangannya, berapa banyak pustakawannya, berapa banyak koleksinya dan lain-lain. Oleh karena itu status beberapa jenis perpustakaan masih menjadi masalah yang perlu diperjuangkan. Yang statusnya telah jelas adalah Perpustakaan Nasional RI(eselon I), Perpustakaan Daerah (eselon II) dan Perpustakaan Umum Dati II (eselon IV). Karena status masih belum jelas maka organisasinya juga menjadi masalah sehingga organisasi perpustkaan dalam Undang-undang Perpustakaan yang akan datang dapat disusun meliputi :


1.    Kepala Perpustakaan (unsur pimpinan)

2.    Petugas tata usaha perpustakaan ( unsur pembantu pimpinan)


3. Unsur pelaksana yang terdiri atas:
a). Petugas pengadaan/pengolahan baha pustaka
b). Petugas pelayanan (sirkulasi dan referensi)
c) .Petugas penyuluhan/pemasyarakatan
d). Petugas penelitian dan pengembangan

Manajemen perpustakaan fungsi kegiatannya meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan,
dan pengawasan (POAC= Planning, Organization,Actuating dan Controlling) Dalam perencanaan kepala perpustakaan dapat menggunakan prinsip-prinsip Manajemen Berdasarkan Sasaran (MBS atau Mangement By Objectives (MBO).


2.    Aspek Ketenagaan

Keberhasilan suatu perpustakaan diukur berdasarkan tinggi rendahnya kemampuan perpustakaan tersebut dalam melaksanakan fungsinya sebagai pusat kegiatan belajar mandiri serta pusat pelayanan informasi, penelitian dan rekreasi masyarakat sekelilingnya. Untuk itu sebuah perpustakaan dari segi fisiknya memerlukan pembinaan yang tepat, yang memperhatikan perpaduan aspek lokasi gedung ruangan dan koleksi bahan pustaka agar serasi, selaras dan seimbang dengan baik. Tidak boleh terjadi alur kerja terhambat karena masalah ruang. Ini berarti bahwa petugas perpustakaan harus dapat mengatur ruang sedemikian rupa sesuai dengan kondisi yang ada.



Gambar perpustakaan sekolah menengah atas :

















BAB III
PENUTUP






KESIMPULAN

            Perpustakaan Sekolah merupakan unit kerja bersangkutan. Dengan tujuan menyediakan koleksi pustaka untuk menunjang dan sebagai perangkat mutlak (complement) dari sekolah yang keberhasilan proses belajar mengajar. Dikatakan juga bahawa perpustakaan tersebut sebagai jantungnya pelaksanaan pendidikan pada lembaga itu.

1.    Peranan perpustakaan sangat menunjang prestasi pendidikan di sekolah.
2.    Perpustakaan sangat penting dan harus ada pada setiap sekolah di semua jenjang pendidikan.
3.    Pengelolaan perpustakaan harus dilaksanakan sesuai dengan tujuan dan fungsinya

Sedangkan fungsi utamanya yaitu sebagai pusat sumber belajar, pusat sumber informasi dan pusat bacaan rekreasi dan pengisi waktu senggang. Untuk selanjutnya perpustakaan itu sebagai tempat membina minat dan bakat siswa, menuju belajar sepanjang hayat (Long Life Education).




















DAFTAR PUSTAKA



Senin 07 Maret 2011

http://www.karangturi.org YAYASAN PENDIDIKAN NASIONAL KARANGTURI Kontribusi dari Budi Waluyo
Senin 07 Maret 2011

PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NEGRI MALANG, JURNAL PERPUSTAKAAN SEKOLAH, TAHUN 1-NOMER 1-1-APRIL 2007.
Senin 07 Maret 2001

Sumber terkait yang lain : http://www.google.com



1 komentar:

  1. If you'd like an alternative to randomly picking up girls and trying to figure out the right thing to say...

    If you would prefer to have women chase YOU, instead of spending your nights prowling around in noisy pubs and night clubs...

    Then I encourage you to watch this eye-opening video to uncover a weird little secret that has the potential to get you your very own harem of attractive women:

    FACEBOOK SEDUCTION SYSTEM...

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...