1. Terlalu Fokus ke Grammar(tata bahasa)
Ini adalah kesalahan terbesar dlm bahasa inggris. Tata bahasa inggris terlalu rumit untuk diingat dan digunakan secara logika. Dalam percakapan Kita tidak punya banyak waktu untuk berpikir untuk memilih tenses yg benar(past tense,future tense,past perfect tense dll)Dalam hal ini,logika otak kiri kita tidak bisa bekerja dgn baik. Cara yg benar adalah dengan lebih banyak mendengarkan mana yg benar dan otomatis otak akan perlahan2 mempelajari mana yg benar mana yg salah.

2. Fokus ke kemampuan Berbicara
Banyak kejadian dimana guru mencoba untuk meminta muridnya bicara dlm bhs inggris disaat siswanya belum siap. Hasilnya siswa bicara sangat lambat tanpa ada rasa percaya diri dan kelancaran bicara. Dalam hal ini seharusnya lebih sabar dan lebih banyak mendengarkan dulu sebelum bicara. Bicaralah dsaat anda merasa benar2 siap dan percaya diri. 

3. Belajar hanya dari Buku Formal 
Ini pasti terjadi dsmua satuan pendidikan di indonesia. Guru2 hanya fokus pada buku2 paket. Permasalahannya adalah dimana bertemu dgn orang2 yg benar2 english-speaker dalam tanda kutip "Turis/orang luar negri" yg tidak menggunakan apa yg dipelajari dalam buku2 paket. Untuk berkomunikasi dgn org2 tsb anda perlu belajar bahasa inggris yg casual tanpa embel2 grammar. 

4. Takut salah..(Ingin sempurna)
Kebanyakan siswa takut membuat kesalahan. Grogi kalo melakukan kesalahan. Mencoba untuk sempurna. Pada dasarnya org2 yg asli English-speaker selalu membuat kesalahan kalo dinilai dari segi grammar. Dalam hal ini anda seharusnya fokus ke penyampaian ide,informasi,dan merasa bahwa bahasa anda bisa dimengerti. Bukan fokus pada bagaimana berbicara sempurna secara grammar. Fokus pada percakapan,jangan fokus pada sedikit kesalahan. Karena secara otomatis anda akan menyadari kesalahan2 itu dan mampu membenarkannya sendiri. 

5. Terlalu berharap pada satuan pendidikan (sekolah)
Kebanyakan siswa sepenuhnya brsandar pada guru bhs inggris. Tapi kalo anda bener2 ingin belajar lebih dalam,itu adalah hal yg salah. Untuk mendalami bahasa inggris lebih lanjut,anda harus berinisiatif sendiri. Dari hal2 yg simpel misalnya dengan mendengarkan lagu2 luar dan anda mencoba untuk menuliskan liriknya. Intinya,ga ada guru yg mampu membuatmu memahami dan mengerti lebih jauh. Hanya anda sendiri yg mampu,guru cuma sebagai perantara.---jangan takut untuk salah,optimis,dan terus belajar----Good Luck






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...